Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elastisitas Harga Permintaan

Hello, disini saya ingin sedikit berbagi tentang Elastisitas Harga Permintaan. Semoga Bermanfaat!!!

Elastisitas Permintaan Karena Harga 

       Pengertian elastisitas permintaan karena harga adalah merupakan perubahan persentase jumlah permintaan barang akibat kenaikan satu persen pada harga barang tersebut. Dengan menyatakan jumlah dan harga masing-masing barang dengan Q dan P, maka rumus elastisitas permintaan karena harga dapat dinyatakan sebagai berikut:
           Di mana  berarti persentase perubahan pada Q dan  berarti persentase perubahan pada P. Perubahan persentase pada suatu variabel hanyalah perubahan mutlak pada variabel tersebut dibagi dengan tingkat dasar variabel tersebut. Jadi elastisitas permintaan karena harga dapat juga dinyatakan sebagai berikut:
Elastisitas permintaan karena harga biasanya merupakan bilangan yang negatif. Jika harga suatu barang naik, jumlah permintaan turun, jadi  adalah negatif, begitu juga Ep.

Adapun faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas permintaan yang menyebabkan terjadinya perbedaan nilai elastisitasnya adalah (Putong, 2000):

  • Adanya barang substitusi
  • Barang substitusi adalah barang yang memiliki manfaat dan kegunaan yang hampir sama dengan utamanya, misalnya jagung adalah substitusi beras.
  • Persentase pendapatan yang digunakan atau jenis barang.
  • Jangka waktu analisis atau perkiraan atau pengetahuan konsumen.
  • Tersedianya sarana kredit

Secara teori terdapat beberapa manfaat mengetahui nilai elastisitas permintaan suatu barang, yaitu:

  • Perpajakan
  • Kebijakan impor
  • Strategi penerapan harga atas barang

Kriteria sifat elastisitas harga (Ep):

  • Jika Ep = 1 disebut unitary adalah  bila harga mengalami perubahan sebesar 1% akan memberi pengaruh jumlah yang diminta berubah sebesar 1%.
  • Jika Ep = <1 disebut inelastis berarti bila harga mengalami perubahan sebesar 1% akan memberikan pengaruh perubahan jumlah yang diminta berubah lebih kecil dari 1%.
  • Jika Ep =  >1 disebut elastis berarti bila harga mengalami perubahan sebesar 1% akan memberi pengaruh perubahan jumlah yang diminta berubah lebih besar dari 1%.
  • Jika Ep = tidak terhingga, disebut elastis sempurnya berarti konsumen mempunyai kemampuan untuk membeli berapa pun jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu.



Contoh unitary (Ep = 1)  
Bila diketahui Q = 60–2P, gambarkanlah kurva permintaannya dan besar elastisitas harga sebagai berikut: 
Q = 60–2P 
Saat P = 0, maka Q = 60 
Saat Q = 0, maka 2P = 60 sehingga P = 30


Elastisitas harga Ep = 1 terjadi pada nilai rata-rata baik harga maupun jumlah. Jadi:


Keterangan:
Po = harga rata-rata
Qo = jumlah rata-rata
 

Rumus elastisitas permintaan karena harga:












Contoh inelastis (Ep < 1)
Soal sama dengan di atas dimana elastisitas permintaan karena harga tidak elastis atau inelastis terjadi ketika harga barang per unit di bawah harga rata-rata (Po). Misalkan harga barang per unit turun dari Po = 15 menjadi P1 = 10, maka jumlah barang yang diminta menjadi sebagai berikut:
Q = 60–2P = 60–2(10) = 40



Perhitungan elastisitas permintaan karena harga sebagai berikut:









Contoh elastis (Ep > 1)
Soal juga sama, yaitu Q = 60–2P. Elastisitas permintaan karena harga menjadi elastis (Ep > 1). Jika harga barang per unit yang diminta berada di atas harga barang per unit rata-rata (Po < P2). Misal harga barang per unit yang diminta naik sebesar 10 menjadi 25 per unit, maka jumlah barang yang diminta adalah:
Q = 60–2P = 60–2(25)
Q = 60–50
Q = 10
Perhitungan elastisitas permintaan karena harga sebagai berikut:









Nilai mutlak elastisitas permintaan karena harga |Ep| = 2 berarti Ep > 1 dikatakan elastis





Contoh inelastis sempurna (Ep = 0)
Ketika harga barang per unit sebesar 50, jumlah barang yang diminta 100 unit. Kemudian harga barang per unit dinaikkan sebesar 20 menjadi 70, tidak memberi dampak pada jumlah barang yang diminta atau jumlahnya konstan, yaitu sebanyak 100 unit. 
Kejadian di atas dapat digambarkan kurva permintaan sebagai berikut:



Perhitungan elastisitas permintaan karena harga sebagai berikut:








Contoh elastis sempurna (Ep = ∞)
Jumlah permintaan akan bertambah terus, namun harga barang per unit atau tidak turun dan disebut konstan. Misal harga tempe di pasar sebesar 200 ketika itu jumlah tempe yang diminta (dibeli) sebanyak 100 unit, 150 unit, 200 unit. Maka gambar kurva permintaannya sebagai berikut:



Perhitungan elastisitas permintaan karena harga sebagai berikut:








Post a Comment for "Elastisitas Harga Permintaan"

This Blog is protected by DMCA.com