Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elastisitas Penawaran Karena Harga

Hello guys, disini saya ingin sedikit berbagi tentang Elastisitas Penawaran karena Harga. Semoga Bermanfaat!!!

Elastisitas Penawaran Karena Harga

       Secara definisi elastisitas penawaran karena harga adalah persentase perubahan jumlah penawaran karena setiap peningkatan 1% dari harga. Elastisitas ini biasanya positfi karena harga yang lebih tinggi memberi insentif kepada para produsen untuk meningkatkan output. Elastisitas penawaran dapat juga dihubungkan dengan variabel-variabel seperti suku bunga, upah rata-rata dan harga bahan baku serta barang-barang lain yang dipakai untuk membuat produk tersebut. 
Elastisitas penawaran karena harga secara matematis dirumuskan sebagai berikut:
 
Kriteria tingkat elastisitas penawaran karena adalah:
  • Jika Es = 0 disebut inelastis sempurna, artinya bila harga jual per unit mengalami kenaikan 1%, tidak mengakibatkan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen tidak bertambah atau berkurang.
  • Jika Es < 1 disebut inelastis artinya bila harga jual per unit mengalami kenaikan sebesar 1%, mengakibatkan jumlah barang yang ditawarkan berkurang sebesar 1%.
  • Jika Es > 1 disebut elastis berarti bila harga jual per unit mengalami kenaikan sebesar 1% akan mengakibatkan jumlah barang yang ditawarkan naik lebih besar dari 1%.
  • Jika Es = 0 disebut unitary berarti bila harga jual per unit mengalami kenaikan sebesar 1% akan mengakibatkan bertambahnya jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen sebesar 1%.
  • Jika Es = ∞ disebut elastis sempurna berarti berapapun harga jual per unit ditawarkan, tidak akan memengaruhi jumlah barang yang akan ditawarkan produsen ke pasar.

Gambar kurva penawaran berdasarkan tingkat elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut:


Faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut (Badrudin, dkk., 2013):

  • Keleluasan untuk meningkatkan produksi
Jika input mudah didapat maka ouput akan naik lebih besar jika harga barang naik. Jika kapasitas produksi terbatas, maka peningkatan harga output akan ditanggapi dengan kenaikan output yang relatif lebih kecil.
  • Jangka waktu untuk merespons
Perubahan harga cenderung mempunyai dampak yang besar pada kuantitas yang ditawarkan jika jangka waktu produsen untuk merespons perubahan harga lama.

Berikut ini beberapa contoh untuk elastisitas penawaran karena harga:

•    Contoh inelastis sempurna (Es = 0)
Sebuah barang televisi diproduksi sebanyak 1.000 unit dengan harga per unit dibuat bervariasi sesuai skedul pengeluarannya.
Jika dibuat gambar kurva penawaran karena harga sebagai berikut:


Perhitungan elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut:

 

•    Contoh inelastis (Es < 1)
Ketika harga jual per unit televisi LCD Rp 12 juta barang yang ditawarkan sebanyak 10 unit dan saat harga jual per uni turun menjadi Rp 7 juta, jumlah barng 8 unit.
Maka gambar kurva penawarannya adalah:

Perhitungan elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut:

 
 
•    Contoh elastis (Es > 1)
Ketika harga jual per unit televisi LED Rp 20 juta jumlah barang yang ditawarkan sebanyak 30 unit, namun saat harga jual per unit turun menjadi Rp 13 juta, jumlah barang sebanyak 15 unit. Jika keadaan tersebut di atas digambarkan ke dalam kurva penawaran sebagai berikut:




Perhitungan elastisitas penawaran karena harga  sebagai berikut:


 

•    Contoh Unitary (Es = 1)
Jika harga jual per unit televisi LED Rp 20 juta, jumlah yang ditawarkan pada pasar pasar 20 unit. Tetapi pada harga jual per unit Rp 13 juta jumlah barang yang ditawarkan menjadi 13 unit. Bila digambarkan kurva penawarannya sebagai berikut:
 Perhitungan elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut:

 
•    Contoh Elastis Sempurna (Es = ∞)
Dengan harga BBM jenis premium sebesar Rp 4.500/liter, konsumen tetap akan membeli berapa pun liter dibeli oleh masyarakat dan harganya tetap Rp 4.500/liter. Sehingga jika digambarkan pada kurva penawaran karena harga sebagai berikut:

Post a Comment for "Elastisitas Penawaran Karena Harga"

This Blog is protected by DMCA.com